11 Tempat Wisata Di Pekalongan, Lokasi, Fasilitas, Beserta Harga Tiket Masuk

Tempat Wisata Pantai Pasir Kencana di Pekalongan
Tempat wisata di Pekalongan yang harus anda kunjungi yang pertama adalah pantai pasir kencana. Pantai yang merupakan tujuan wisata favorit di Pekalongan ini dekat dengan pusat Kota hanya berjarak 4 KM saja.

Tempat Wisata Pantai Pasir Kencana di Pekalongan
Tidak heran kalau pantai ini selalu ramai dan terkelola dengan baik. Disini anda bisa bermain air sepuasnya. Pada saat sunset, anda akan menyaksikan pemandangan indah yang menawan, membuat anda melupakan semua permasalahan yang ada.
Tidak hanya pantai saja, disini juga ada akuarium dan koleksi biota laut yang mirip kayak miniatur Seaworld. Kalau mau kamu juga bisa melipir sedikit dan menemukan pelabuhan serta tempat pelelangan ikan yang penuh dengan hiruk-pikuk aktivitas nelayan lokal. Juga terdapat jembatan kanal, batu pembatas ombak, sampai panggung hiburan. Berbagai fasilitas telah tersedia di pantai ini antara lain taman bermain, panggung terbuka, bangku dan taman untuk bersantai, becak air, warung makan, musholla, toilet dan kamar mandi bilas, serta sederet fasilitas lain yang memanjakan para pengunjung
HTM ke Pasir Kencana Rp 2.000,00 untuk hari biasa dan Rp 5.000,00 untuk hari libur dan Minggu. Untuk malam minggu Rp 2.500,00. Harga tiket tersebut sudah include asuransi, walaupun sebenarnya asuransi ini tidak perlu. Tetapi harga tiketnya pun sudah termasuk murah, jadi semua pasti bisa berkunjung menikmati keindahan pantai ini. 



Curug Muncar Destinasi Wisata Alam di Pekalongan
Tempat wisata di Pekalongan berikut ini adalah air terjun yang indah dan sangat sayang untuk kita lewatkan. Air terjun atau Curug ini berada di Curug muncar sesuai dengan nama air terjunnya, Curug Muncar.

Curug Muncar Destinasi Wisata Alam di Pekalongan
Curug Muncar terdapat pada ketinggian 1.249 mdpl yang dikelilingi pemandangan menawan lereng gunung Rogojembangan. Curug Muncar terletak di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, atau sekitar 30 Km dari Kajen, ibukota Kabupaten Pekalongan.
Terletak di hutan milik Perhutani, Curug Muncar memang menawarkan pesona yang sejuk dan asri. Untuk mencapai curug ini memang memburuhkan perjuangan ekstra, berliku dan mendaki, namun setelah sampai ke area curug ini, semua lelah akan sirna.
Jika anda liburan di Pekalongan, jangan sampai melewatkan objek wisata alam yang indah dan alami yang satu ini.
Selain pesona air terjun, dilokasi ini juga di lengkapi camping ground yang dilengkapi dengan Pendopo, MCK, tempat bermain, dan Pos Jaga. Dengan sumber air yang bernama sumber air rogo jembarang, memiliki tiga tingkatan, yaitu: telogo lumbu, kalibanteng dan telogo lawe dengan ketinggian air terjun 100 meter.



Curug Bajing Tempat Wisata Alam di Pekalongan
Masih ada Curug Bajing yang tidak kalah menarik untuk kita kunjung di Pekalongan. Curug ini juga memiliki keindahan alam sekitar yang sangat mempesona.

Curug Bajing Tempat Wisata Alam di Pekalongan
Jika anda liburan di Pekalongan, curug Bajing harus masuk dalam daftar kunjungan anda. Curug ini juga berada diketinggian, yaitu sekitar 1300 mdpl, wajar kalau hawa sejuknya bikin betah berlama-lama disini, apalagi kalau bersama “si cinta”.
Curug dengan ketinggian sekitar 70 meter ini terletak di desa Telogo Parkis, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan.
Bagi anda yang hendak mencapai air terjun ini, anda harus trekking selama 15 menit dari lokasi parkir. Sembari menikmati keindahan curug, kamu bisa menikmati kopi hutan khas kawasan ini.
Curug ini masih sangat asri, karena lokasinya jauh dari pemukiman warga. kita harus berjalan kaki sekitar 300 meter dari parkiran untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Debet air di curug ini cukup tinggi. Air terjun ini terdiri atas beberapa tingkat dengan bentuk seperti perosotan batu.



Liburan ke Pantai Slamaran di Pekalongan
Tempat wisata di Pekalongan yang berupa pantai selanjutnya adalah Pantai Slamaran Indah yang lokasinya masih berada di dekat pantai pasir kencana dan hanya di pisahkan oleh pelabuhan.

Liburan ke Pantai Slamaran di Pekalongan
Pantai Slamaran Indah terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, dibatasi oleh  muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiar dan lewat jalur darat dengan menggunakan angkutan umum sekitar 5 Km dari pusat kota atau terminal bus Kota Pekalongan. Sebagai daerah wisata, Pantai Slamaran memiliki pemandangan yang sangat indah, udara yang segar dan dapat pula disaksikan terbit dan terbenamnya matahari sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.
Wisata pantai Slamaran di Krapyak lor Pekalongan Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Mushola

- Kamar mandi / MCK

- Penginapan

- dan masih banyak lainya
Harga tiket masuk sebesar Rp. 500,00 (hari biasa) ; Rp. 1.000,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.000,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi.


Tempat Wisata Pantai Depok Pekalongan
Selain dua pantai di atas, masih ada lagi pantai yang menarik untuk kita kunjungi di Pekalongan, Pantai Depok. Nah? Pantai Depok kok di Pekalongan ya?

Tempat Wisata Pantai Depok Pekalongan
Ya, memang, pantai ini berada di Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan. Jadi, bukan di Depok Jawa Barat sana ya.
Selain panoramanya yang elok, ombaknya yang tenang membuat kamu betah bermain air di sini. Apalagi, pohon nyiur di sekitar pantai gak cuma bikin tempat ini terasa teduh, tapi juga romantis untuk dikunjungi bareng pasangan.
Suara gesekan daun nyiur yang tertiup angin berpadu dengan deburan ombak bikin hati terasa adem.
Wisata pantai Depok di Siwalan Pekalongan Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Mushola

- Kamar mandi / MCK

- Penginapan

- dan masih banyak lainya
Tarif masuknya relatif murah, hanya 5000 Rupiah per orang dan 5000 Rupiah juga untuk parkir kendaraan roda empat.

Menikmati Keindahan Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo
Anda suka kegiatan mendaki gunung? Di Pekalongan ada destinasi wisata yang harus kamu taklukan, yaitu gunung Kedalisodo.

Menikmati Keindahan Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo
Di Puncak Gunug Kendalisodo ini ada puncak Hanoman yang menjadi salah satu spot wisatawan untuk berkumpul dan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.
Gunung ini berada di Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Memang, gunung ini sebelumnya lebih dikenal sebagai tempat semedi. Tapi, pecinta alam serta warga lokal menjadikannya sebagai salah satu gunung tujuan pendaki.
Meski tingginya cuma 1.697 mdpl, jalur pendakiannya cukup curam dan menantang. Yang penting, persiapkan dirimu sebaik-baiknya sebelum mulai mendaki dan jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, ya!
Wisata Gunung Kendalisodo di Tlogopakis Pekalongan Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

- Area Parkir kendaraan

- Mushola

- Kamar mandi / MCK

- Penginapan

- dan masih banyak lainya



Trekking ke Gunung Rogojembangan di Pekalongan
Selain gunung Kedalisodo, ada juga gunung gunung Rogojembangan yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk mendaki.

Trekking ke Gunung Rogojembangan di Pekalongan
Lokasi Gunung ini berada di perbatasan wilayah kabupaten Pekalongan dan Banjarnegara. Jalur pendakian utama gunung ini adalah melalui desa Gumelem, kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekalongan
Gunung Rogojembangan merupakan puncak tertinggi dalam rangkaian Pegunungan Serayu Selatan. Tinggi gunung ini mencapai 2.117 mdpl. Selain trekking ke puncak, kita juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik di sekitar Gunung Rogojembangan. Salah satunya adalah Curug Muncar yang berada di lereng gunung pada ketinggian sekitar 1.249 mdpl




Wisata Misteri Watu Ireng di Pekalongan
Anda suka dengan hal-hal yang berbau mistis? Ada satu tempat wisata di Pekalongan yang menawarkan suasana mistis kepada wisatawan yang datang berkunjung, watu ireng.

Wisata Misteri Watu Ireng di Pekalongan
Sesuai namanya, “Watu Ireng” artinya “batu hitam” terletak di Desa Lambur, Kecamatan Kandang Serang, 17 kilometer ke arah selatan dari Kajen, tempat wisata di Pekalongan ini bernuansa misteri.
Batu hitam yang terletak di sana diperkirakan mempunyai rongga, namun sampai sekarang tidak ada seorang pun tahu asal mulanya. Boleh juga dikunjungi bila kamu penggemar fenomena alam yang misterius.
Untuk harga tiket masuk relatif cukup murah dan masih terjangkau yaitu Rp 5.000,-

Objek Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan
Satu lagi tempat wisata Pekalongan berupa pantai yang bisa kita kunjungi, yaitu Pantai Wonokerto. Pantai Wonokerto berlokasi di desa Wonokerto, Kecamatan Wonokerto, Pekalongan.

Objek Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Wah, namanya serba Wonokerto ya. Di dekat pantai ini terdapat tempat Pelelangan ikan ( TPI ). Pantai ini bisa dicapai dari jalur pantura kurang lebih dalam waktu 20 menit.

Bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jalan menuju ke pantai Wonokerto sudah beraspal. Namun ada beberapa bagian jalan yang kurang baik karena terendam air rob.Bila berkunjung ke Pekalongan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Wonokerto. Di pantai ini anda bisa bermain pasir dan bermain air sepuasnya. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menuju ke tengah laut. 

Untuk harga tiket masuk relatif cukup murah dan masih terjangkau yaitu Rp 5.000,-



Wisata Curug Bidadari Jolotigo di Pekalongan
Tempat wisata di Pekalongan yang selanjutnya adalah sebuah air terjun yang sangat indah dan menjadi salah satu yang lagi hits di Pekalongan, yaitu Curug Bidadari.

Objek Wisata Curug Bidadari Jolotigo di Pekalongan
Curug Bidadari ini sering di sebut juga curug Batu Dinding Kolam Lima, karena di sekitar air terjun ini terdapat lima ceruk aliran air yang menyerupai kolam renang, yang sering digunakan untuk mandi dan berenang, mulai yang dangkal sampai yang kedalamannya belum terukur. Dan juga disisi kanan kirinya terdapat batu tebing yang tinggi menjulang.
Curug bidadari ini berada di desa Purbo Jolotigo, kecamatan Talun, kabupaten Pekalongan. Tetapi karena pintu masuk ke lokasi wisata ini dari desa Silurah, kecamatan Wonotunggal, kabupaten Batang dan dikelola oleh warga setempat jadi curug ini lebih populer disebut curug Bidadari Batang.
Kalau kita sudah memasuki gerbang desa Silurah, sekitar 2 km kita akan menjumpai gang di sebelah kanan jalan, dengan gapura bertuliskan “Situs Sejarah Patung Ganesha, dan air terjun Kalirogno”. Air terjun yang tertera memang bukan curug Bidadari, tapi curug Kalirogno karena memang yang ditemukan lebih dulu curug Kalirogno.
Setelah itu kita memasuki gang tersebut sekitar 1 km dengan jalan yang agak rusak kita akan menemui pertigaan lokasi wisata dengan papan Selamat Datang. Jika dihitung total waktu tempuh dari pantura sampai disini, memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang (±50km/jam).
Curug bidadari ini memiliki kedalaman sampai 1,5 Meter, bisa untuk siapa saja anak maupun dewasa, juga tersedia penyewaan Ban yang bisa sobat sewa hanya dengan membayar Rp. 5.000, bagi sobat yang kesini dijamin puas akan keindahan curug bidadari ini, selain keindahan alam yang masih terjaga keasriannya, juga memiliki air yang jernih, sejuk, serta suasana yang tenang cocok sekali buat yang tinggal di kota, sibuk kerja, untuk sekedar melepas kejenuhan.
Bagi sobat yang ingin berlibur Di curug bidadari ini dibuka mulai jam 08.00 hingga 17.00 WIB, untuk harga tiket masih tergolong murah, sobat hanya perlu membayar Rp. 3.000 dan untuk parkir Rp. 2.000.




Wisata Curug Cinde di Pekalongan
Tempat wisata di Pekalongan berikutnya adalah curug cinde yang ada di Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang atau kira – kira 24 Km dari Tugu Durian Kecamatan Karanganyar. selama perjalanan menuju objek wisata ini kita akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona dan masih asri, mulai dari perjalanan melewati tengah hutan.

Objek Wisata Curug Cinde di Pekalongan
Jalan pegunungan yang berkelok – kelok dengan tanjakan serta turunan dan gemericik suara air sungai. Suasana alam pedesaan khas daerah pegunungan akan nampak dari deretan perkampungan yang dilalui. 

Untuk hasil yang lebih rapi, tidak acak-acakan ketika copy paste artikel diatas, silahkan download file dokumennya di sini 11 Tempat Wisata di Pekalongan, Lokasi, Fasilitas, Beserta Harga Tiket Masuk.doc 

Comments

Popular posts from this blog

5 TAMAN BUNGA ATAU KEBUN WISATA BAIK DI DALAM NEGERI MAUPUN DI LUAR NEGERI BESERTA PENJELASANNYA